Tips Search di Internet

Siapa yang belum pernah menggunakan Google atau Yahoo atau MSN/Live atau juga lainnya seperti AOL untuk mencari informasi di internet? Rasanya semua yang pernah akses internet pernah menggunakannya.

Apakah Anda selalu puas setiap kali Anda google?

Anyway, kata 'google' secara resmi sudah dijadikan juga sebagai kata kerja (verb) yang bermakna mencari informasi di internet melalui mesin pencari. Pernah ngga ketika kita mencari sebuah informasi, kita ternyata kesulitan menemukannya, sudah klik sebanyak 10 halaman tetap saja informasi atau website yang kita inginkan belum ditemukan. Sadarkah Anda ketika mencari sebuah informasi, katakanlah 'Danau Toba" yang muncul di sana macam-macam, bahkan ada 1.000 website mengenai danau dan ada 1.000 website mengenai Toba dan ada 1.000 website mengenai Sumetera dan Indonesia, padahal kita ngga menginginkan informasi mengenai danau atau Sumatera tetapi khusus "Danau Toba?"
Hasil riset dari Netcraft Web Server Survey, sampai dengan bulan Pebruari 2007 di dunia maya ada 108.810.358 website. Kalau rata-rata setiap website ada 1.000 halaman/file (tentu saja Yahoo punya jutaan halaman) maka ada setidaknya satu miliar halaman/file. Itu hitungan kasar saya, tetapi menurut hitungan Yahoo pada Agustus 2005 saja sudah ada 19,2 miliar halaman website. 19 miliar halaman. Saya yakin saya hanya pernah akses beberapa ribu halaman, dan mungkin seumur hidup saya hanya akses sejuta halaman.

Menemukan informasi yang kita butuhkan dari katakanlah saat ini 25 miliar halaman yang ada, sungguh suatu pekerjaan raksasa yang hanya dapat dikerjakan oleh mesin raksasa. Sehebat-hebatnya mesin meng-indeks halaman dan isinya tetapi kalau pemakainya tidak tahu bagaimana cara menemukan indeks tersebut, akhirnya tok menjadi sayang dan mubazir.

So, berikut ini secuil tip dan trik bagaimana mencari informasi di internet di berbagai mesin pencari (MP) seperti Google, Yahoo, MSN dan Live, AOL, atau yang kurang terkenal seperti AltaVista, Lycos, dsb. Saya mengecualikan MP seperti Baidu dsb., yang tidak menggunakan huruf Latin dan bahasa pengantarnya bukan bahasa Inggeris.

A. Trik Dasar

1) Tidak perlu pergi ke website mesin pencari (MP) untuk memulai mencari. Setiap browser sudah menyediakan kolom pencari yang umumnya terletak di sisi kanan atas, baik di Opera, FireFox, IE7 maupun Safari. Default MP untuk Opera, Firefox dan Safari ialah Google, dan untuk IE ialah Live. Anda bisa ubah default MP sesuai kesukaan atau favorite Anda, termasuk di IE7 diubah dari Live ke Google.

2) Kalau sedang bekerja dengan beberapa halaman website dan hendak mencari yang baru, maka pertama-tama buatlah dahulu TAB yang baru agar halaman yang sedang Anda buka tidak tertindih halaman baru. Saya kira semua browser menempatkan menu ini pada menu "File/New Tab" dan juga semua browser menggunakan shortcut "Ctrl + T" untuk membuat Tab baru. Untuk IE7 dan Opera 9.5, bisa juga dengan klik simbol plus di tab terakhir.

3) Pastikan jenis file apa yang hendak dicari, apakah video, gambar, atau text. Semua mesin pencari saat ini sudah memilah dengan jelas pencarian jenis file. Jadi setelah kita mengetik "danau toba" di kolom search, kalau hanya gambar yang kita perlukan, maka klik menu "images" di sisi kiri atas, kalau mau cari websitenya, klik di menu "web."

4). Mengenai pencarian gambar, hampir semua MP mengenal lewat nama file dari gambar tersebut makanya sulit mendapatkan gambar yang bagus lewat menu "images" di MP. Bagusnya saat ini Google sedang membuat software pengenal gambar bukan dari nama file gambar tersebut tetapi dengan membaca isi dan metadata gambar tersebut. Nah untuk pencarian gambar mending langsung ke website penyedia gambar, seperti Webshots, Photobucket, DotPhoto, Flickr, ImageStock, dsb. Mengapa? Karena di dalam website tersebut ada menu search yang akan mencari bukan hanya nama file tetapi juga TAG.

Mari kita saksikan pembuktiannya. Kalau Anda mengetik file "New York" di Google, hasil yang saya dapatkan untuk LARGE SIZE ialah 845.000 gambar New York. Nah, saya coba di Webshots, di sana di mana gambar ukuran LARGE sebanyak 2.516.000, alias dua setengah kali lipat dari hasil Google, padahal Google cari ke seluruh website di dunia ini, termasuk Webshot. Baru di Webshots saja udah sebanyak itu, bagaimana kalau ditambah di Flickr, Photobucket, dsb, bakal menemukan puluhan juta gambar New York.

5) Hal yang sama juga berlaku untuk mencari video di internet, tetap yang jauh lebih efektif ialah pergi ke website penyedia jasa video dan cari lewat menu search di sana, karena mereka punya local indexes, termasuk mengindeks Tag juga, bukan hanya nama filenya.

6) Nah, sebenarnya MP seperti Google itu udah sediakan menu "advanced Search". Pergilah ke sana untuk pencarian yang spesifik kalau belum menemukan apa yang dicari. Kalau tetap susah, ya Tanya teman deh.

7) Jangan cepat putus asa kalau ngga ketemu setelah membuka beberapa link. Anda bisa buka lagi beberapa link yang ditawarkan atau buat pencarian yang lebih spesifik, seperti yang akan saya jabarkan di bawah ini.

B. Trik Lanjutan

1) Bila mau spesifik maka tambahkanlah quotation mark alias tanda kutip ("). Ini terutama ketika lebih dari satu kata. Misalnya hendak mencari mengenai 'nasi kuning' maka usahakan agar ditambahkan tanda kutip (") pada awal dan akhir, agar pencarian menjadi sangat spesifik. Daripada mengetik 'nasi kuning' maka sebaiknya kita mengetik "nasi kuning". Mengapa karena MP memakai hukum Boolean. Saat kita mencari 'nasi kuning' bagi komputer akan dibaca sebagai mencari 'nasi' dan 'kuning'; atau mencari 'nasi' atau 'kuning'; atau mencari 'nasi' bukan 'kuning'.

2) Nah, tetapi kita mau mencari 'nasi kuning' di Indonesia bukan di mana-mana. Maka ngetiklah "nasi kuning", .co.id atau menjadi "nasi kuning", .id. Ekstensi .co.id atau hanya .id itu untuk Indonesia.

3) Mau mencari nasi kuning di Indonesia dalam bahasa Indonesia tetapi bukan yang di Jogja, tetapi yang di luar Jogja atau Jogjakarta. Bagaimana caranya? Maka ngetiklah: "nasi kuning", .co.id NOT Jogjakarta.

4) Apakah karena pakai apit Boolean trus kita ngga boleh cari menggunakan kata seperti AND, dan OR? Tentu saja boleh, apalagi kalau udah diberi tanda kutip, maka tak ada soal mencari "nasi kuning dan pecel". Nah, yang dipakai oleh Komputer dalam apit Boolean ialah huruf apital. Jadi yang harus kita hindari ialah menggunakan huruf capital untuk AND, OR dan NOT, kecuali memang jelas-jelas kita maksudnya untuk memasukkan atau mengecualikan kata tersebut, midlanya mencari "Koki NOT Koko". Ini artinya mengecualikan Koko dan hanya mencari Koki. Tetapi kalau "Koki and Koko" atau "Koki dan Koko" ngga bakal hukum Boolean bekerja utnuk perintah ini.

5) Ada cara lain untuk mencari hal yang sama seperti no. 3 di atas. Misalnya kita hendak mencari mengenai 'Barrack Obama' tetapi kita ngga mau isterinya, si Michelle diikutkan dalam hasil pencarian. Ayo, bagaimana caranya? Maka mengetiklah demikian: +barrack obama –michelle. Di sini kita menambahkan huruf plus (+) dan minus (-) di depan kata yang hendak kita cari atau hendak kita abaikan. Harus diingat bahwa antara tanda plus atau minus dengan kata tersebut tak boleh ada spasi dan harus ada spasi antara yang dicari dan yang dikecualikan dari pencarian. Tanda plus dan minus ini untuk menggantikan penggunaan AND dan NOT. Mislanya "nasi kuning", co.id NOT Jogjakarta bisa diganti menjadi "nasi kuning", .co.id - Jogjakarta.

6) Nah bagaimana kalau saya mau cari nasi kuning, nasi pecel dan nasi gudeg juga? Coba saja mengetik seperti ini: "nasi kuning", +pecel +gudeg. Kalau Anda mencari "sports cars" dan sports + cars hasilnya bakal berbeda. Yang pertama hanya akan muncul mobil sport dan yang kedua akan muncul semua mobil dan semua olahraga.

7) Nah, kalau kita sudah tahu bahwa yang hendak kita cari itu adanya di Kompas Community, maka langsung saja mengetik utuh, misalnya: "Red Light" site: community.kompas.com. Jangan lupa untuk menyertakan 'site:'

8) Jika hendak menanyakan sesatu atau mengingkan jawab maka singkat, maka baiknya ke tempat seperti wiki atau yahoo answer. Tetapi kita juga bisa mencari misalnya di Google untuk hal semacam ini. Misalnya mau mencari mengenai Ginseng, kalau hanya mengetik "ginseng" saja maka akan muncul ribuan website dan jutaan halaman. Coba mengetik misalnya: "how does ginseng", hasilnya pasti akan sangat berbeda. Demikian juga kalau mau mencari bagaimana cara memasak nasi goreng. Lebih baik mengetik "bagaimana memasak nasi goreng" dari pada hanya "nasi goreng".

9) Ada satu teknik yang jarang dipakai yaitu emncari website yang kurang lebih menyediakan sarana yang sama. Kalau kita mau mencari video, tidak tahu video apa, pokoknya video, kita pasti ke Youtube, padahal kan Youtube bukan satu-satunya website penyedia video. Coba mengetik berikut ini: related:youtube.com, maka akan ditampilkan berbagai website yang menyediakan jasa serupa Youtube.

10). Bagi semua Kokiers yang punya ilmu mengenai ini, silahkan memambahkan daftar tips dan trik ini.

C. Tips Berinternet Internet

Karena judulnya tips, maka saya sertakan juga tips berikut ini. Kalau di atas lebih pada tips untuk searching, maka berikut lebih pada bagaimana kita bersikap terhadap informasi di internet dan internet itu sendiri.

10). Gunakan trik-trik yang saya paparkan di atas dalam mencari informasi di internet.

9). Jangan percaya begitu saja apa yang Anda baca atau nonton di internet. Semua orang bis enulis apa saja, gambar dan video bisa diedit dijadikan gambar dan video apa saja dan terlihat seperti original.

8). Pakailah MP yang terbaik, biasanya Google, Yahoo, dan Live adalah tiaga ebsar, tidak dimasukan Baidu dsb di China sana. Kalau kurang puas, maka coba juga dengan MP yang lain, jangan hanya pakai Google melulu. Buktikan ini. Coba cari gambar di Google dan di Yahoo? Google tidak membaca TAG gambar dari Flikr, hanya nama file gambar tersebut, tetapi Yahoo membaca TAG di Flickr, maka semua gambar di Flikr bakal masuk dalam pencarian di Yahoo, tetapi hanya sedikit teramat sedikit di Google. Anyway Flickr itu kan bagian dari Yahoo.

7). Jangan percaya begitu saja bahwa yang masuk daftar urutan pertama pastilah yang paling tepat. Ada banyak perusahaan mencoba menipu MP pakai software untuk otomatis klik website mereka sendiri, sehingga Google mengira inilah website yang sering dikunjungi, padahal itu kerja software aja. Karena dikiran sering dikunjungi, maka ditempatkan paling atas. Kita pun ikut tertipu. Ada juga kekhawatiran bahwa perushaan-perusahaan yang masuk daftar urutan 10 besar, mereka kongkanglingkong dengan MP, bayar setiap bulan ke MP (perusahaan mesin pencari seperti Google, Yahoo, dsb) hanya supaya diurutkan paling atas.

6). Setiap kali melihat hasil pencarian, kenali dengan baik alamat website tersebut, jangan hanya membaca deretan kalimat panjang semacam resume di situ. Cara sederhana mengenali website ialah lihat tipe alamatnya, seperti.com, .gov, .edu, .net, dsb. Akhiran juga menyatakan negara, seperti .ph, .id, .ie, .au, .de, dsb. Silahkan lihat di sini: http://www.iana.org/domains/root/db/index.html. Ada bebrapa negara yang masuk kategori negara yang berbahaya mengunjungi website mereka karena banyak virus, spyware, worms, dsb.

5). Sederhana tetapi banyak dari kita sering tidak menyadarinya, yaitu begitu banyak nama website yang mirip sekali, hanya beda satu huruf bahkan. Bahkan banyak website bagus memiliki counterfeit website yang kebanyakan ada hanya untuk entah merusak reputasi yang asli atau untuk menipu kita biar kita salah masuk dan terjebak di sana dengan virus, spyware, dsb. Walau tak ada virus di sana tetapi dengan mengklik mereka, duit mereka juga bertambah karena pengunjung bertambah. Mereka ini tumpang ketenaran orang lain dengan meniru nama sambil mengharapkan orang salah masuk gitu.

4). Kenal website dengan tanda tilde "~" ini? Website macam ini ialah website yang menampilkan pendapat pribadi, walaupun mungkin alamat-alamat yang selebihnya berkaitan dengan universitas, departemen, organisasi, dsb.

3). Bila setelah dibuka ternyata Anda menemnukan apa yang dicari, baiknya juga kalau Anda mengunjungi "root" alias halaman utama alias induk dari website tersebut. Biasnaya kalau kita mencari, kita langsung dibawa ke halaman yang spesifik, bukan ke halaman utamanya. Di sana, di induk semangnya sono, kita masih bisa menemukan informasi tambahan. Ini wajar karena, misalnya kita cari mengenai 'nasi goreng" dan kita menemukan halaman itu, tetapi kan pada halaman 'root' menyediakan mungkin banyak hal mengenai makanan, bukan hanya nasi goreng atau bahkan mungkin masih bisa menemukan mengenai nasi goreng pada halaman yang beda pada website yang sama. Untuk pergi ke 'root" nya biasanya tinggal klik menu "home" atau pada alamat websitenya, buang semua bagian belakang tinggal tersisa http://wwwmakanan.com dari yang aslinya ialah http://wwwmakanan.com/indonesia/nasi/nasigoreng05h3n2.html.

2). Jangan gampang klik link, terutama link yang muncul dari menu pop up. Menu pop up ialah kalau kita klik atau buka halaman tertentu akan muncul layar baru, biasanya kecil aja, yang hanya sekadar bei informasi hingga tawarkan apa saja, termasuk link ke website tertentu. Kita ngga tahu apa itu website isinya bagus apa ngga. Supaya agak ada cluenya, coba arahkan dan letakan kursor mouse ke atas link tersebut dan perhatikan ini. Maka segera alamat website tersebut muncul. Di Opera versi 9 ke bawah langsung disamping kursor dan di Firefox, IE dan Opera versi 9.5 akan ditampilkan di bar bagian bawahnya. Walau kita setelah salah klik langsung balik lagi. Oh ya jangan lupa kebanyakan website itu juga mencari duit, semakin banyak kita klik semakin banyak mereka dapatkan penghasilan, ngga peduli kita baca isinya apa ngga, karena yang dihitung berapa kali dikunjungi alias berapa kali klik itu.
1). Kalau sungguh tertarik dengan halaman yang ditemukan, maka selidikilah website yang Anda kunjungi. Misalnya selidiki siapa yang pemiliknya, siapa yang menjalakannya, apakah ini website yang baik dan layak dipercaya atau tidak di mata publik, apakah sering diupdate atau ngga, siapa penulis artikel atau halaman tersebut, dsb

0 komentar: